Penyakit Yang Menular Lewat Hubungan Seksual

Penyakit Yang Menular Lewat Hubungan Seksual atau disebut dengan istilah PMS (penyakit menular seksual) merupakan penyakit yang berbahaya, sebab bisa menular secara mudah yaitu lewat hubungan seksual. PMS dapat menyebabkan kematian bila tidak di tangani secepat mungkin. Penyebab utama dari penyakit ini adalah karena sering bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan seksual, maka dari itu sangat di khawatirkan sekali kepada remaja-remaja yang melakukan seks bebas.

Ada beberapa macam jenis penyakit menular seksual, yang akan kami jelaskan dan bahas dalam postingan kali ini.

Infeksi Virus HIV/AIDS

HIV, atau human immunodeficiency virus, 7 adalah virus yang menyebabkan AIDS (diperoleh immunodeficiency syndrome). HIV menghancurkan sistem kekebalan tubuh dengan membunuh sel-sel darah yang melawan infeksi. Setelah HIV menghancurkan sebuah proporsi substansial sel-sel ini, kemampuan tubuh untuk melawan dan pulih dari infeksi dikompromikan. Tahap lanjutan infeksi HIV dikenal sebagai alat bantu.

Orang yang HIV telah berkembang untuk AIDS sangat rentan terhadap infeksi oportunistik yang biasanya tidak membuat orang sakit dan bentuk-bentuk tertentu dari kanker.

Infeksi Virus Human Papillomavirus (HPV)

HPV8 adalah paling umum PMS/IMS. Ada lebih dari 40 jenis HPV, dan semua dari mereka dapat menginfeksi pria maupun wanita. Jenis HPVs bervariasi dalam kemampuan mereka untuk menyebabkan kutil kelamin; menginfeksi daerah lain dari tubuh, termasuk mulut dan tenggorokan; dan penyebab kanker leher rahim, vulva, penis, dan mulut.

Vaksin baru tersedia melindungi terhadap sebagian (tetapi tidak semua) jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks. American Academy of Pediatrics merekomendasikan vaksin ini untuk anak-anak usia sekolah dan girls.9

Penyakit Sifilis

Syphilis10 infeksi, yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, disampaikan dari orang ke orang selama seks vagina, anal, atau lisan melalui kontak langsung dengan luka, luka kecil yang disebut. Antara tahun 2001 dan 2009, Centers for Disease Control dan pencegahan (CDC) data menunjukkan bahwa tingkat sifilis meningkat setiap tahun. Orang-orang pada risiko tertinggi untuk sifilis termasuk pria yang berhubungan seks dengan pria dan wanita dan orang-orang yang tinggal di south.10 tanda pertama syphilis adalah luka, kelamin menyakitkan sakit yang paling sering muncul pada penis atau di dan di sekitar vagina. Selain menjadi tanda pertama dari infeksi sifilis, luka kecil membuat seseorang dua sampai lima kali lebih cenderung kontrak infeksi HIV. Jika orang yang sudah terinfeksi HIV, luka kecil juga meningkatkan kemungkinan bahwa virus akan diteruskan kepada partner.3 seksual bisul ini biasanya menyelesaikan pada mereka sendiri, bahkan tanpa pengobatan. Namun, tubuh tidak jelas infeksi sendiri, dan, seiring waktu, sifilis mungkin melibatkan organ lain, termasuk kulit, jantung, pembuluh darah, hati, tulang, dan sendi di sifilis sekunder. Jika penyakit masih tidak diobati, tertiary syphilis bisa dapat mengembangkan selama periode tahun dan melibatkan syaraf, mata dan otak dan dapat berpotensi menyebabkan kematian.

Penyakit Klamidia

vigpowerasli.com ,- Disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Klamidia dapat ditularkan selama vagina, mulut atau anus kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi. Sementara banyak individu tidak akan mengalami gejala, klamidia dapat menyebabkan demam, sakit perut, dan debit tidak biasa penis atau vagina.

Pada wanita, apakah atau tidak mereka mengalami gejala dan tahu tentang infeksi mereka, klamidia dapat menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Dalam PID, tidak diobati PMS/IMS berlangsung dan melibatkan bagian lain dari sistem reproduksi wanita, termasuk rahim dan tuba. Perkembangan ini dapat menyebabkan kerusakan permanen organ-organ reproduksi wanita. Kerusakan ini dapat menyebabkan kehamilan ektopik (di mana janin berkembang di tempat-tempat yang abnormal di luar rahim, suatu kondisi tertentu).

hindari seks bebasPenyakit Kencing Nanah atau Gonore

Disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, yang dapat tumbuh pesat dan kalikan dengan mudah di tempat-tempat yang hangat dan lembab saluran reproduksi. Gejala yang paling umum infeksi gonorrheal yang keluar dari vagina atau penis dan menyakitkan atau sulit buang air kecil.

Seperti dengan chlamydial infeksi, yang paling umum dan serius komplikasi gonore terjadi pada wanita dan termasuk penyakit radang panggul ((PID), kehamilan ektopik, infertilitas, dan potensi menyebar ke janin yang sedang berkembang jika diperoleh selama kehamilan. Gonore juga dapat menginfeksi mulut, tenggorokan, mata, dan rektum dan dapat menyebar ke darah dan sendi, mana itu bisa menjadi penyakit yang mengancam jiwa.

Penyakit Herpes Genital

Herpes4 kelamin adalah infeksi menular yang disebabkan oleh herpes simplex virus (HSV). Ada dua strain yang berbeda, atau jenis HSV: herpes simpleks virus tipe 1 (HSV-1) dan tipe 2 (HSV-2). Keduanya dapat menyebabkan genital herpes, meskipun kebanyakan kasus genital herpes disebabkan oleh HSV-2,5 Ketika gejala, HSV-1 biasanya muncul sebagai demam lepuh atau luka dingin di bibir, tapi itu juga dapat menginfeksi daerah genital melalui kontak oral-genital atau kelamin-genital. HSV-2 simtomatik biasanya menyebabkan lepuh menyakitkan, berair kulit pada atau sekitar alat kelamin atau anus. Namun, sejumlah besar orang-orang yang membawa virus ini tidak memiliki atau hanya sedikit tanda-tanda atau gejala.

Itulah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh sering bergonta ganti pasangan seksual. Meskipun anda tidak bergonta ganti pasangan tapi pasangan anda sudah terinfeksi andapun bisa ikut terinfeksi. Jadi berhati hatilah melakukan hubunngan seksual, lebih baik melakukan nya ketika sudah menjalankan rumah tangga, itupun hanya dengan istri atau suami anda, setia pada pasangan itu perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *