Mahasiswa UII Racik Kapsul Sambiloto Teknologi Nano

Patut di apresiasis dan di turuti sekelompok mahasiswa ini. Mahasiswa UII Racik Kapsul Sambiloto Teknologi Nano sangat luar biasa dan kreatif tentunya, ini adalah prestasi yang sangat membanggakan.

Satu pertsatu mahasiswa memasuki ruang laboratorium, mereka semuanya menggunakan jas berwarna putih. Setelah memakai jas puih mereka berangkata menuju sebuah ruang berukurang kira kira 3×3 yang terdapat ratusan peralata farmasi.

Ada banyak alat farmasi canggih di ruangan ini tapi yang paling unik adalah alat yang bernama particle size alayzer (PSA) nano dan ultrasonik homogenizer. Saking sulitnya alat ini didapatkan maka belum banyak perguruan tinggi yang memiliki alat ini. Mereka adalah sebaik kelompok mahasiswa peneliti yang mencoba memodifikasi isolan tanaman sambiloto yaitu adrorapolide, fungsinya untuk meningkatkan efektifitas sambiloto, sebagai obat diabetes.

teknologi nanoBila penelitian hanya sebatas ekstrak saja tentunya itu sangat sederhana. Kami mengkombinasikan nano technology dari dunia farmasi. Untuk pembuatan obat yang paling susah adalah larutan nya, sebab itu tim ini pakai teknologi nano.

Penelitian yang di lakukan tim mahasiswa ini bukan sembarang penelitian tapi sebuah penelitian yang luar biasa. Telah di tangguhkan dan lolos seleksi nasional. Penelitian ini bisa di ikutkan ke kompotisi penelitian-penelitian tingkat dunia.

Wahasiswa Indonesia sendiri penelitian nano dengan daun sambiloto dengan teknology nano ini belum ada yang melakukannya. Tapi kalau di luar negri sudah banyak di lakukan. Bentuk obat buatan tim peneliti mahasiswa ini bentunya berupa isulat yang di masuke ke dalam kapsul. Isolat sambiloto adalah anti biates yang cukup ampuh, dapat menstabilkan hormon insulin.

Kita harus bangga dengan mahasiswa kita, sebab mahasiswa di negri ini juga tidak kalah dengan mahasiswa luar negri, semoga penelitiannya makin berkembang dan membantu semua penderita diabetes.

baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *